Cara Kerja Mesin Motor

Posted: November 20, 2012 in teknik
Tags: , , ,

Cara Kerja Mesin Motor

mesin sepeda motor

mesin motor

Untuk saat ini sepeda motor sudah sangat lah umum hampir di setiap rumah memiliki sepeda motor karena sepeda motor ini sudah menjadi alat transportasi yang biasa masyarakat gunakan seperti di negara berkembang seperti Indonesia. Sebenarnya untuk cara kerja mesin motor dan mobil tidak jauh berbeda karena keduanya meliputi komponen seperti blok silinder, piston, dan klep ( katup ). Untuk proses berjalannya mesin motor sudah pasti piston akan bergerak naik turun pada blok silinder. Mengapa ini bisa terjadi di karenakan ada ledakan yang bercampur dengan bahan bakar seperti bensin dan udara yang telah di nyalakan oleh percikan bunga api.

Ketika motor bekerja maka katup akan otomatis membuka dan menutup agar bahan bakar seperti bensin bercampur dengan udara dan masuk ke dalam ruang bakar katup. Ketika piston mulai bergerak naik turun, maka gerakan poros engkol atau crankshaft menjadi berputar. Kekuatan untuk putaran pada poros engkol ini di transmisikan untuk menggerakan roda motor. Jenis motor di bedakan menjadi dua diantaranya: motor dua tak dan motor empat tak.

Mesin motor dua tak terdiri dari silinder, port intake, knalpot, busi, engkol, ring piston, dan piston. Bagaimana motor dua tak ini bekerja prosesnya tidak terlalu sulit.

Pertama port intake akan menerima kombinasi bahan bakar dan udara. Bahan bakar yang bercampur dengan udara dikompres melalui aktivitas naik turunya piston. Campuran tersebut akan di bakar oleh busi sehingga akan menghasilkan sebuah ledakan di dalam silinder sehingga akan mengaktifkan piston dan memutar engkol. Lalu posisi piston akan kembali pada posisi semula dan asap hasil pembakaran akan keluar melalui knalpot.

Untuk cara kerja motor empat tak tidak jauh berbeda  dengan motor dua tak. Mesin motor empat tak terdiri dari silinder, poros engkol dan engkol, piston cincin, dan piston.

Cara kerja motor empat tak ini dimulai dari katup intake yang menerima bahan bakar seperti bensin dan campuran udara sama seperti pada motor dua tak, namun bedanya disini piston hanya mencampur kedua campuran ini.

Busi yang memercikan bunga api bisa mendorong engkol untuk menggerakan rantai, dan rantai tersebut akan mengaktifkan 2 camshaft dan berputar membuka katup pembuangan  untuk membuang hasil pembakaran melaui knalpot. Kegiatan ini akan terus menerus sampai dengan akhirnya bisa mendorong katup intake valve agar terbuka dan bahan bakar melewatinya.

Gison

Kowa

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s